Jubileum 50 Tahun HKBP Siantar Baru

Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan beribadah bersama jemaat HKBP Siantar Baru sambil merayakan Jubileum 50th jemaat tersebut (28/7/2024).


Ibadah dilaksanakan di kompleks Gereja HKBP Siantar Baru. Ibadah yang dihadiri oleh seluruh warga jemaat HKBP Siantar Baru dan para pelayan penuh waktu yang pernah melayani di HKBP Siantar Baru ini juga dihadiri oleh Bupati Simalungun, Bapak St. Radiapoh Hasiholan Sinaga, S.H, M.H.


Ibadah dilayani oleh Pdt. Risen Parhusip, selaku Pendeta Resort dan Pdt. Maurixon Silitonga selaku Praeses HKBP Distrik Sumatera Timur sebagai Liturgis. Sementara Pdt. Victor Tinambunan melayani sebagai Pemberita Firman.


Khotbah yang disampaikan oleh Pdt. Victor Tinambunan berdasar kepada Injil Yohanes 6:1-15 yang berkisah tentang Tuhan Yesus memberi makan lima ribu orang.

Dalam khotbahnya, Pdt. Tinambunan menjelaskan bahwa inisiatif untuk memberi makan bukan datang dari orang banyak yang hadir maupun murid-murid melainkan Tuhan Yesus sendiri yang mengambil inisiatif memenuhi kebutuhan umat manusia.

Pdt. Tinambunan juga menegaskan, sebagai murid yang sudah mengalami hidup bersama Tuhan Yesus, sudah sepatutnya kita bersaksi bahwa berkat Tuhan nyata dan memenuhi kebutuhan kita dan keluarga kita sampai saat ini.


Kita patut bersaksi bahwa berkat yang tidak terhingga dari Tuhan tersebut merupakan mukjizat yang luar biasa bagi kita. Sehingga mukjizat Tuhan bukan hanya peristiwa masa lalu melainkan peristiwa yang terus kita alami sampai saat ini.

Selain itu, Pdt. Tinambunan juga mengajak seluruh warga jemaat untuk mensyukuri dan menjadi saluran berkat Tuhan di dunia ini. "Oleh karena itu sebagai umat Kristen yang sedang merayakan Jubileum, kita harus menunjukkan solidaritas dan kepedulian kepada seluruh ciptaan supaya seluruh ciptaan juga merasakan mukjizat Tuhan," ajak Pdt. Tinambunan. 

Pdt. Tinambunan mengingatkan kepada seluruh warga jemaat HKBP Siantar Baru bahwa bulan September mendatang, HKBP akan merayakan minggu-minggu penciptaan, sesuai surat pastoral dari Ompui Ephorus yang telah kita terima, "Marilah kita bersama-sama serentak untuk peduli kepada alam dan seluruh ciptaan," tutup Pdt. Tinambunan.


Setelah ibadah, rangkaian acara dilanjutkan dengan makan bersama dan manortor seluruh warga jemaat HKBP Siantar Baru.

(SKS-NS)

Pustaka Digital