Ibadah Perayaan Tahun Oikumene Inklusif se-HKBP Distrik Humbang Habinsaran

POHAN TONGA, hkbp.or.id - Gema Orientasi Tahun 2024 Oikumene Inklusif HKBP yang terdengar di seluruh HKBP semakin semarak di HKBP Distrik Humbang Habinsaran.

Bertepatan dengan Minggu ke-18 setelah Trinitatis, HKBP Distrik Humbang Habinsaran merayakan Ibadah Puncak Tahun Oikumene Inklusif HKBP (29/9/2024).


Ibadah dilaksanakan di HKBP Persiapan Resort Pohan Tonga dan dihadiri oleh seluruh warga jemaat yang ada di Distrik Humbang Habinsaran.


Ibadah dilayani oleh Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan sebagai Pengkhotbah dan Liturgis dilayani oleh Pdt. Darna Lumbantobing, Praeses HKBP Distrik Humbang Habinsaran. Sementara pembacaan Warta Jemaat oleh Pdt. Lambok JM Parhusip, Pimpinan Jemaat HKBP Persiapan Resort Pohan Tonga.



Khotbah yang disampaikan oleh Pdt. Victor Tinambunan berdasar kepada Mazmur 124: 1-8 yang menekankan tentang Pertolongan kita hanyalah dari Tuhan semesta alam.

Dari semua pengalaman hidup yang telah kita lalui masing-masing, ingatlah bahwa Tuhan tidak pernah berhenti menolong kamu, menolong saya, menolong kita semua, tekan Pdt. Tinambunan.


Pertolongan Tuhan tidak tergantung kepada keadaan diri kita melainkan hanya oleh karena Kasih Anugerah-Nya saja sehingga kita harus selalu bersyukur dan bersukacita serta saling menolong sesama karena Tuhan telah terlebih dahulu menolong kita, tegas Pdt. Tinambunan.

Berdasarkan pantauan dan informasi panitia, ibadah juga dihadiri oleh warga jemaat dari gereja tetangga dan ketika perayaan makan bersama tampak hadir warga masyarakat sekitar gereja yang beragama non-kristen untuk bersukacita bersama.


Berdasarkan Laporan Ketua Panitia Tahun Oikumene Inklusif HKBP Distrik Humbang Habinsaran, Pdt. Sonta Nainggolan, diketahui bahwa Distrik Humbang Habinsaran merayakan Tahun Oikumene Inklusif mulai dari Januari 2024 dan sampai puncaknya pada saat ini.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sepanjang tahun antara lain;

1. Pertandingan Bola Voli antar resort yang pertandingan final dilaksanakan di HKBP Resort Siborongborong.

2. Trio Parompuan antar resort yang dilaksanakan di HKBP Persiapan Resort Pohan Tonga.

3. Pertandingan Memancing Ikan terbuka untuk umum dilaksanakan di kolam pancing Sitabotabo.

4. Senam lansia dirangkai dengan makan bersama dan cek kesehatan kepada para lansia. Senam Lansia dilaksanakan per regional mengingat jarak antar resort yang cukup jauh.

5. Donor darah bekerjasama dengan PMI Kabupaten Taput sepanjang tahun 2024.

Setelah ibadah, perayaan dilanjutkan dengan makan bersama, pembagian hadiah kepada pemenang lomba, dan pemberian tali kasih dari HKBP Distrik Humbang Habinsaran kepada Keluarga Besar PK Hephata HKBP.

(SKS-NS)


Pustaka Digital