Jubileum 50th HKBP Bethania Resort Dame Riau Pesisir

DURI, hkbp.or.id - Kebaktian pertama yang dijadikan sebagai hari jadi HKBP Bethania dilaksanakan pada tanggal 14 September 1974. Sehari sebelumnya warga Kristen di daerah ini telah gotong royong menyelesaikan bangunan gereja di atas tanah yang diberikan oleh Bapak Supar, seorang Jawa non-Kristen. 

Karya Allah yang bersejarah bagi seluruh warga jemaat tersebut menjadi pemacu semangat sehingga pertumbuhan warga jemaat meningkat ditandai dengan pembaptisan pertama kepada dua orang anak yang dilaksanakan pada 25 Januari 1976.

Setelah 50 tahun, HKBP Bethania merayakan ibadah Jubileum yang dipimpin oleh Pdt. Victor Tinambunan, Sekretaris Jenderal HKBP (22/9/2024).


Ibadah perayaan Jubileum HKBP Bethania dibalut dengan Perayaan Minggu Ekologi yang dilaksanakan secara bersama-sama oleh seluruh warga jemaat HKBP. 

Ibadah dilayani oleh Pdt. Sarlen Lumbantobing dan Pdt. Donni Pasla Tambunan sebagai Liturgis dan Pdt. Relita Cahaya Gultom sebagai pembaca warta jemaat.


Dalam Khotbahnya, Pdt. Tinambunan menegaskan bahwa peristiwa Jubileum adalah peringatan akan karya Allah menciptakan dan merawat seluruh ciptaan sekaligus undangan bagi kita umat-Nya untuk selalu bersyukur, bersukacita, dan solider terhadap seluruh ciptaan Allah.


Mengatur waktu dalam kehidupan haruslah sejalan dengan aturan waktu yang telah ditetapkan Allah, terang Pdt. Tinambunan. Dengan mengikuti aturan waktu seperti yang sudah diatur Allah, kita juga sudah turut menjaga kelestarian seluruh ciptaan.

Sebagai tanda peringatan Jubileum sekaligus Minggu Ekologi dilakukan pelepasan burung merpati dan penanaman pohon di sekitar gereja.

(SKS-NS)


Pustaka Digital