Renungan Harian HKBP | 7 Juli 2024 (1)

“Akulah Tuhan dan Juruselamat”

Salam sejahtera bagi Bapak, Ibu, saudara sekalian di mana pun berada saat ini. Mari kita persiapkan hati dan pikiran kita untuk mendengarkan Firman Tuhan, kita Berdoa!

Doa Pembuka: Kita Berdoa! Kami puji Engkau ya Allah Bapa kami atas Anugerah dan penyertaan-Mu dalam kehidupan kami hingga saat ini.Sebentar kami akan mendengarkan FirmanMu; Tuntunlah kami untuk memahami dan melakukan Firman-Mu dalam hidup kami seturut dengan kehendak-Mu. Dengarlah doa kami ini, hanya di dalam Nama Yesus Kristus kami berdoa. Amin.

Bapak, Ibu, saudara sekalian yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus…

Firman Tuhan hari ini, Sabtu 27 Juli 2024 tertulis dalam

Yesaya 43:11:

”Aku, Akulah Tuhan dan tidak ada Juruselamat selain dari pada-Ku”.

Jemaat yang dikasihi Kristus…..

 Dalam sejarah perjalanan bangsa Israel nama TUHAN itu sangat penting, karena nama itulah yang membawa mereka keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan. Maka selanjutnya dalam setiap upacara keagamaan umat Israel akan terus mengenang tindakan TUHAN yang menyelamatkan nenek moyang mereka keluar dari perbudakan. Begitu pentingnya nama Tuhan untuk terus diingat dan menjadi satu perintah yang harus dilakukan, sebagaimana dituliiskan pada Titah pertama yang mengatakan: Akulah TUHAN, Allahmu, jangan ada padamu allah lain di hadapanku (Kel.20:2-3).

Bagian ini bersifat informasi dan sekaligus perintah. Diperkenalkan dengan nama TUHAN, Allahmu. Allah adalah Allah yang bertindak dan bahwa Ia sendirilah yang memutuskan apa yang harus dilakukan terhadap umat-Nya. Dialah satusatunya Allah yang berkuasa atas segala sesuatu dan hanya Dialah Allah yang patut untuk dipuji dan disembah.

Jemaat yang dikasihi Kristus….

Selanjutnya, dalam Firman ini sangat tegas dinyatakan bahwa Dialah Allah dan tidak tidak ada Juruselamat selain dari pada Tuhan Allah (Yesaya 43:11). Demikian juga Nabi Hosea menyebutkan: “Tetapi Aku adalah Tuhan, Allahmu sejak di tanah Mesir; engkau tidak mengenal allah kecuali Aku, dan tidak ada Juruselamat selain dari Aku” (Hosea 13:4). Sebutan “Juruselamat” artinya yang membebaskan. Hanya Dia, yaitu: Tuhan, satu-satunya yang membebaskan umat-Nya itu dari perbudakan dan membawa kembali ke tanah perjanjan. Dan dalam sejarahnya, nubuat ini pun digenapi oleh Tuhan Allah.

 Penggenapan nubuat itu bukan hanya tentang pembebasan umat Israel dari pembuangan Babilonia, tetapi puncaknya telah digenapi oleh Yesus Kristus, Dialah Jurus’lamat dunia. Kristus menebus kita dari dosa dan kita dibenarkan, sehingga kita bukan lagi orang hukuman. Hukum yang ada di dalam diri orang percaya bukan lagi hukum yang lama yang mengakibatkan kebinasaan; melainkan hukum baru dalam Yesus Kristus, sehingga karya penebusan-Nya menjadi keselamatan milik kita.

Jemaat yang dikasihi Kristus….

 Ada 2 (dua) hal penting yang menjadi tugas kita seturut dengan Firman ini.

Pertama, kita terpanggil menjadi saksi-Nya untuk memberitakan dan menyatakan kepada dunia ini bahwa Tuhan Allah yang membebaskan kita, Dialah satusatunya Tuhan, tidak ada allah lain yang harus kita sembah; hanya kepada Tuhanlah kita percaya dan kepada-Nya kita selalu taat dan setia.

Kedua, Tuhan lah Juruselamat kita

Kita telah diselamatkan Yesus Kristus dengan kematian dan pengorbanan-Nya dikayu salib; kita telah ditebus dari kebinasaan kepada hidup yang penuh dengan keselamatan. Karena itu, Firman ini mengajak kita untuk terus berserah kepada Dia Tuhan Juruselamat kita. Banyak tantangan dan pergumulan hidup yang kita hadapi, tetapi biarlah kita berserah kepada Sang Juruselamat kita, sebab hanya Dialah yang mampu menolong dan menyelamatkan hidup kita. Amin.

Doa Penutup: Mari kita berdoa! Terima kasih Tuhan atas Firman-Mu yang menyapa kami saat ini, agar kami berpegang teguh dalam iman percaya kami dan sungguh-sungguh meyakini bahwa Engkaulah satusatunya Allah yang patut kami sembah dan kami muliakan dalam hidup kami. Dan biarlah kami selalu berserah kepada-Mu sebab Engkaulah Juruselamat kami yang membebaskan dan menyelamatkan kami. Ya Tuhan Allah kami, kami memohon kepada-Mu, berilah kami hati yang taat dan selalu setia untuk mengikut Engkau. Sepanjang hari ini dalam segala aktivitas dan kehidupan kami, kami serahkan hanya kepada Tuhan saja. Dengarlah Doa kami ini Hanya didalam Nama Tuhan Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin.

Anugerah Tuhan kita Yesus Kristus. Kasih setia dari Allah Bapa dan Persekutuan Roh Kudus, kiranya menyertai kita sekalian hari ini dan selamanya. Amin.


Bvr. Sulastri Sitompul- Kantor Biro Zending HKBP

Pustaka Digital